Bimbingan Teknis Pengelolaan Program SMA Zonasi Tahun 2019 Region Surabaya (3)

Bimbingan Teknis Pengelolaan Program SMA Zonasi Tahun 2019 Region Surabaya

Posted by on September 10, 2019 in Berita

Dimulai dari hari Selasa, 3 September 2019 @direktorat.psma melaksanakan pembukaan Bimbingan Teknis Pengelolaan Program SMA Zonasi Tahun 2019 Region Surabaya. Kegiatan tersebut mengundang 129 orang penanggung jawab pelaksanaan program Bantuan Pemerintah SMA Zonasi dari Provinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Utara. Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel @harrisgubeng, Surabaya. Kegiatan berlangsung selama 4 (empat) hari sampai tanggal 6 September 2019.

Kegiatan ini bertujuan untuk (1) Meningkatkan pemahaman kebijakan strategis peningkatan mutu SMA; (2) Meningkatkan pemahaman program SMA Zonasi; (3) Meningkatkan kemampuan pengelolaan rencana anggaran biaya bantuan pemerintah SMA Zonasi yang telah disepakati; (4) Meningkatkan kemampuan teknis pelaksanaan kegiatan SMA Zonasi; (5) Meningkatkan pemahamanan sistem pelaporan kegiatan dan keuangan bantuan pemerintah SMA Zonasi.

Bapak Direktur Pembinaan SMA, yang pada kesempatan ini diwakili oleh Kasubdit Program dan Evaluasi berpesan “Pembinaan secara intensif dilaksanakan melalui program SMA Zonasi, terdapat 650 SMA Zonasi yang merupakan sekolah yang diusulkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi sesuai kriteria yang ditentukan. Program SMA Zonasi mengharapkan lulusan memiliki kompetensi yang unggul dan hebat, yaitu: memiliki karakter yang kuat, literasi tingkat tinggi, memiliki kompetensi akademik dan kemampuan vokasional. Harapan ini akan dicapai dengan langkah penguatan pembelajaran di kelas yang harus sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, diakui kurikulum ini mampu menjawab tantangan abad 21 dengan adanya 4C (Critical Thinking, Colaboration, Comunication, Creativity), kemampuan penyelesaian masalah diterapkan (Problem Solving), Pembelajaran Kontekstual, Pembelajaran dan Penilaian HOTS, dan Penguatan Pendidikan Karakter. Seluruh usaha itu sudah dituangkan pada Rencana Anggaran dan Rencana Tindakan yang sudah disepakati bersama pada program SMA Zonasi.”

@kemdikbud.ri
@dikdasmen_kemdikbud
@itjen_kemdikbud