Kunjungan Tim SEAMOLEC ke Direktorat Pembinaan SMA : Pengenalan Teknologi Baru untuk Pembelajaran

Posted by on Maret 20, 2017 in Berita

Tim SEAMOLEC yang dipimpin oleh Bapak Direktur SEAMOLEC, Dr. Abi Sujak, M. Sc. berkunjung ke Direktorat Pembinaan SMA pada hari Jum’at tanggal 17 Maret 2017. Tim SEAMOLEC disambut dengan hangat oleh Bapak Direktur, Bapak Kasubdit Kurikulum, Bapak Kasubdit Program dan Evaluasi beserta satu orang Kepala Seksi dan beberapa Staffnya di Ruang Sidang Bapak Direktur, kala itu. Bapak Abi hadir bersama Tim IT Content-nya, yaitu Bapak Puryanto, Bapak Alfan Pudjo dan Ibu Rindradi dengan membawa sebuah kreasi baru dalam pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran.

Beliau berempat pertama-tama menyampaikan paparan tentang program Ujian Dalam Jaringan yang dapat dipasang pada gawai (red. gadget, smartphone) siswa dengan mudah, tidak harus terkoneksi selalu dengan internet tetapi dengan strategi seperti pelaksanaan UNBK.

Dilanjutkan dengan pengenalan Augmented Reality (AR) yang dimanfaatkan untuk pembelajaran Biologi dengan menggambarkan anatomi tubuh melalui sebuah Kartu dengan sebuah penanda yang disorot dengan kamera gawai sehingga menampilkan objek 3 dimensi dari gambar anatomi pada kartu.

Teknologi ini dapat dikembangkan lebih lanjut dengan teknologi Virtual Reality (VR) yang dapat menelusuri sebuah tempat seperti peragaan selanjutnya dari Tim SEAMOLEC yang mampu menelusuri gedung SEAMOLEC dengan teknologi VR tersebut. Pengembangan selanjutnya sedang dalam proses kerjasama bagaimana dapat menghasilkan pengalaman mengelilingi Museum secara Virtual.

Terakhir, Tim SEAMOLEC menampilkan proses Live Conference dengan fasilitas yang gratis yang disediakan oleh Cisco dengan kita membeli peralatannya. Produk dari Cisco tersebut adalah Cisco WebEx yang mampu menyiarkan rapat, konferensi, seminar dsb. Fasilitas ini pun dapat memanfaatkan gawai yang dengan mudah diakses dengan internet.

Secara keseluruhan produk-produk dan program-program tersebut menarik untuk diterapkan pada pendidikan. Bapak Direktur merasa pemanfaatan fasilitas ini mampu memberikan efek yang baik dalam program SMA Rujukan hingga dihasilkan kebijakan untuk dapat menerapkan program-program tersebut untuk dijalankan di SMA Rujukan dengan bantuan dari Tim SEAMOLEC.