Workshop Koordinasi dan Sinkronisasi Pelaksanaan Pelatihan dan Pendampingan Kurikulum 2013 SMA Tahun 2017

Posted by on Februari 8, 2017 in Berita

Seiring dengan disiapkannya Perangkat Pelatihan dan Pendampingan Kurikulum 2013 Tahun 2017, Direktorat Pembinaan SMA yang ditunjuk sebagai Koordinator Pelaksanaan Pelatihan dan Pendampingan Kurikulum 2013 pada tatanan Pendidikan Dasar dan Menengah menginisiasi untuk mempertemukan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) sebagai Tim Pelaksana Pelatihan dan Pendampingan K13 pada tahapan Kabupaten/Kota sampai Guru Sasaran dengan Direktorat Pembinaan jenjang lain diantaranya SD, SMP dan SMK.

Workshop ini bertujuan untuk Memberikan informasi tentang kebijakan terkini implementasi Kurikulum 2013, Memberikan informasi tentang teknis dan mekanisme pelaksanaan Pelatihan dan Pendampingan Kurikulum 2013, Melakukan validasi dan sinkronisasi data peserta, jadwal, tempat dan materi pelatihan dan pendampingan Kurikulum 2013.

Workshop telah dimulai sejak hari Selasa, 07 Februari 2017 dibuka oleh Direktur Pembinaan SMA, Bapak Purwadi Sutanto. Beliau menyampaikan bahwa LPMP dan Direktorat Teknis harus mampu mensinergikan strategi pelaksanaan Pelatihan dan Pendampingan K13, agar menghilangkan distorsi konsep K13 yang sampai pada Guru Sasaran. Langkah-langkah teknis yang akan dilaksanakan kita diskusikan disini hingga final, agar kita bisa langsung melaksanakan strategi kita, mengingat waktu kita juga tidak banyak.

Setelah workshop dibuka, kegiatan dilanjutkan malam hari dengan sesi paparan Pelatihan dan Pendampingan Kurikulum 2013 SMA Tahun 2017 oleh Kasubdit Kurikulum PSMA, Bapak Eko Warisdiono dengan materi lebih fokus pada jenjang SMA.

Hari Rabu tepatnya pada hari ini dilanjutkan paparan materi tentang Pendanaan Pelatihan dan Pendampingan K13 oleh Bapak Yudhistira W. Widiasana. Selanjutnya materi tentang Dinamika Perkembangan Kurikulum, oleh Ibu Sri Hidayati yang mewakili Kepala Puskurbuk.